Menu Close

Tantangan Pemberantasan Korupsi Masa Kini

Selain itu, digitalisasi dalam proses audit juga sangat penting guna meningkatkan keamanan information dan akurasi hasil audit. Anies berharap, keterangan yang disampaikannya dapat membantu tugas penyidik KPK dalam menuntaskan kasus dugaan korupsi yang sedang ditangani. “Jadi perannya ini adalah diperintahkan oleh Ketua untuk mencairkan dana, yang seharusnya diserahkan dan dibayarkan ke cabang olahraga di bawah naungan KONI, namun diserahkan kepada Ketua KONI, maka terjadilah tindak pidana korupsi tersebut,” kata Aries Andhi, di Bengkulu, Rabu. “Siapapun dari elemen masyarakat yang melaporkan tindakan korupsi akan dilindungi secara hukum, dan identitasnya pasti dirahasiakan.” jelas Albertina. Albertina Ho mengingatkan akan pentingnya untuk memberikan pendidikan korupsi sejak dini serta mengatakan kepada para mahasiswa untuk tidak perlu takut melaporkan jika mengetahui adanya tindakan korupsi dari lingkungan sekitar asal disertai bukti yang kuat. Tindak pidana adalah suatu perbuatan yang dilakukan seseorang yang diancam pidana, perbuatannya bersifat melawan hukum, terdapat suatu kesalahan dan bagi pelakunya dapat dipertangungjawabkan atas perbuatannya.

“Penurunan terbesar yang dikontribusikan oleh Global Insight dan PRS dipicu oleh relasi korupsi yang masih lazim dilakukan oleh pebisnis kepada pemberi layanan publik untuk mempermudah proses berusaha. Sementara itu pada sisi demokrasi, penurunan dua poin dikontribusikan pada Varieties of Democracy yang menandakan bahwa korupsi politik masih terjadi secara mendalam dalam sistem politik di Indonesia. Sedangkan kenaikan dua poin pada World Justice Project – Rule of Law Index perlu dilihat sebagai upaya perbaikan pada penegakan supremasi hukum.” tambah Danang. Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar, menjelaskan, KPK memiliki peran untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Diantaranya dengan sosialisasi, edukasi, koordinasi dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, tentang pencegahan korupsi. Keempat, dugaan kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan 23 anggota DPRD Biak Numfor dan diperiksa terkait dugaan korupsi kerugian negara yang ditimbulkan berkisar Rp600 juta-Rp700 juta.

Korupsi

Bagaimana pendapat atau penilaian responden terhadap beberapa perilaku/kebiasaan sehari-hari yang diduga merupakan akar kultural berkembangnya perilaku korupsi. Perubahan besar yang terjadi pada kegiatan SPAK adalah mulai pada tahun 2015 pencacahan yang pada awalnya dilaksanakan secara paper-based diubah dengan melakukan pencacahan dengan Computer-Assisted Personal Interviewing . Penggunaan CAPI yang memfasilitasi pengiriman knowledge melalui internet maupun SMS mempermudah proses pengiriman. Pemanfaatan CAPI juga telah memangkas lama waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan data. Supardi mengatakan tim penyidik Kejagung bakal mengumumkan nilai dan aset apa saja yang disita dari tersangka Teddy Tjokrosaputro dalam waktu dekat. Kejagung bakal mengumumkan nilai dan aset apa saja yang disita dari tersangka korupsi Asabri, Teddy Tjokrosaputro dalam waktu dekat.

Menurut saya, kita sudah tidak boleh mendikotomi permasalahan menjadi masalah “orang” atau “system”. Kedua-duanya harus diperbaiki agar upaya yang sudah dilakukan maupun yang sedang dilakukan untuk memberantas korupsi bisa mendatangkan hasil yang maksimal. Sehingga, keterangan saksi untuk menjelaskan perbuatan para tersangka untuk lebih jelas dan terang. Orang asli papua.atau siapapun dia.yang sudah merampas hak masyakat papua jangan segan.segan untuk tangkap dia.karna dia sudah merusak janji suci di tanah….papua ini .dan itu bukan manusia dunia yang janji.

Dulu, KPK dinobatkan sebagai lembaga yang paling dipercayai publik dengan ragam prestasinya. Kini, KPK nyaris runtuh dengan adanya wacana merekrut eks koruptor menjadi penyuluh anti korupsi. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Denmark tersebut, selayaknya juga diterapkan oleh Auditor. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Auditor harus menerapkan transparansi dan integritas. Hal ini sangat diperlukan guna meningkatkan kapabilitas seorang Auditor, karena dalam melaksanakan tugasnya, Auditor sering kali berhadapan dengan tindakan yang bisa tergolong dalam korupsi. Misalnya, saat melakukan Audit, ada Auditee yang memberikan barang mewah dengan dalih sebagai oleh-oleh.

Pencegahan perilaku korup membutuhkan keteladan, bukan sekadar menyampaikan bahan ajar di kelas. Berdasarkan Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, korupsi adalah tindakan setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Dana desa menjadi sesuatu hal yang sangat menggiurkan bagi semua orang untuk melakukan tindakan korupsi, apalagi ranahnya yang ada daerah kecil dan pelosok menjadikan dana desa sangat perlu diawasi pengelolaannya. Hal ini sejalan dengan yang dihimbau KPK, Masyarakat diharapkan berpartisipasi mulai dari perencanaan hingga pelaporan penggunaan dana desa. Koordinasi dan pengawalan terkait dana desa ini penting mengingat besarnya anggaran yang dikucurkan untuk program ini.

Kinerja pemerintahan daerah yang bersih dan tata-kelola yang baik tercermin dari proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah . Hal yang paling mendasar dari penganggaran belanja dan pendapatan daerah adalah perencanaan yang baik, terukur dan transparan, namun semua hal itu belum tentu cukup bila tanpa dibarengi komitmen dan integritas dari seluruh pemangku kepentingan. Hal ini seturut dengan fokus pencegahan korupsi yang dilakukan oleh KPK yang menunjukkan adanya beberapa titik rawan pada alokasi anggaran yang tidak fokus pada kepentingan publik, hibah dan Bansos yang tidak tepat, serta intervensi dari pihak luar. Untuk mencegah korupsi melalui anggaran yang rawan untuk dibuaat bocor, dibutuhkanaction plan dalam rangka mengatasi titik rawan itu melalui e-planningdan e-budgetingyang terintegrasi, yang diwujudkan dalam program dan kegiatan RKPD, Renja SKPD mengacu pada RPJMD. Mantan Kepala Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang terkait kasus penyelewengan beras untuk keluarga miskin , meski pemerintah tidak dirugikan tapi masyarakat yang dirugikan ( tanggal 27 Februari 2015). Temuan LSM Jaringan Paralegal Indonesia menjelaskan bahwa sebagian kasus korupsi di tingkat desa bukan disebabkan oleh niat kejahatan Kepala Desa, melainkan karena ketidakpahaman para Kepala Desa soal hukum ( 11 September 2015).

Sejumlah Kejaksaan Tinggi maupun Kejaksaan Negeri telah membuat terobosan berbasis teknologi untuk melayani publik. Dari Aceh sampai Papua bergiat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik memanfaatkan kemajuan teknologi seperti aplikasi manajemen online yang dikembangkan Kejati Jawa Barat, sistem izin jenguk on-line yang dibuat Kejari Sleman hingga pelayanan tilang drive- thru oleh Kejari Surabaya. Karena itu kata Prof. Herlambang, pendidikan anti korupsi bagi mahasiswa sangat penting.

Hingga Oktober 2016, Bidang Datun Kejaksaan telah melakukan penyelamatan keuangan negara Rp20.three T dan tanah seluas 7902 m². Catatan gemilang lain yang berhasil dicetak Datun selama 2016 ini adalah memberikan pendapat dan pendampingan hukum terhadap proyek-proyek/aset yang bernilai Rp232,4 triliun dan U$264,eight ribu. Pencapaian lain dari Datun yang tak boleh dipandang sebelah mata adalah pemulihan keuangan/ kekayaan negara senilai Rp49.2 miliar. Jakarta – Kejaksaan sebagai bagian dari instrumen pemerintah turut berperan aktif dalam mendukung keberhasilan program pembangunan nasional. Pemberantasan korupsi merupakan salah satu upaya yang saat ini tengah diprioritaskan oleh Korps Adhyaksa untuk mendukung pemerintah memajukan Indonesia. Dalam rangka menu tata kelola pemerintahan yang bebas dari korupsi, Biro Komunikasi melakukan survei persepsi korupsi terhadap stakeholder eksternal Biro Komunikasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

KPK telah menetapkan Bupati Bintan Apri Sujadi sebagai tersangka, sementara untuk kasus dugaan korupsi Stadion Mandala Krida masih terus didalami. Pelanggaran etik oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dan polemik tes wawasan kebangsaan dinilai menjadi alarm merah kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi. Supardi menjelaskan alasan tim penyidik Kejagung menyita ribuan hektare tanah itu karena diduga berasal dari hasil korupsi PT Asabri. Menurutnya, penyitaan aset tersangka milik Teddy Tjokrosaputro tersebut dilakukan untuk mengganti kerugian negara dalam perkara korupsi PT Asabri sebesar Rp22,78 Kong4D bet Kecil JP besar triliun. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Supardi mengatakan penyidik Kejagung sudah berangkat ke sejumlah lokasi di luar Pulau Jawa untuk menyita aset tersangka Teddy Tjokrosaputro terkait kasus dugaan tindak pidana PT Asabri.