Menu Close

Sesjen Kemenristekdikti Minta Calon Akuntan Profesional Dibekali Kemampuan Deteksi Tindak Fraud Dan Korupsi Di Era Digital

Online Payment Dengan 24 pilihan metode pembayaran, pelanggan Anda dapat membayar dengan mudah. Enterprise Pembayaran ke banyak rekening dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Semakin berat suatu hukuman diberikan, semakin besar biaya yang ditanggung oleh wajib pajak.

Dewan Komisaris harus melakukan diskusi yang mendalam dengan Auditor Independen mengenai hasil asesmennya tentang bagaimana Direksi dan manajemen melaksanakan proses asesmen risiko dan efektifitas pengendalian internalnya. Dalam diskusi haruslah dikemukakan seberapa jauh kerawanan organisasi terhadap paparan risiko kecurangan pelaporan keuangan dan penyalahgunaan aset. Ketiga, pendalaman dan penguatan dari sistem tata kelola dengan 10 atribut fraud control plan. 10 Atribut fraud control plan antara lain, kebijakan terintegrasi, struktur pertanggungjawaban, penilaian risiko fraud, kepedulian karyawan, dan kepedulian pelanggan masyarakat.

Sebagai contoh, ada perusahaan yang mentoleransi karyawannya membawa pulang stok alat tulis kantor untuk dipakai anak-anak karyawan mereka, dan ada juga yang tidak. Jadi diperlukan patokan jelas mengenai nilai-nilai kejujuran yang dianut oleh perusahaan Anda. Akan tetapi, korupsi pun ditemukan dalam berbagai sektor, termasuk perusahaan-perusahaan swasta. Pelakunya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari staf, administrasi, supervisor Slot Emoney, direksi bahkan pemilik perusahaan itu sendiri. Jika dalam model yang tradisional, tatap muka antar pasien dan dokter dilakukan, melakukan pemeriksaan hingga diagnosa. Sementara dalam sistem digital melalui Artificial Inteligence dan IoT memungkinkannya secara on-line.

Upaya pihak manajemen dalam memalsukan informasi keuangan atau memanipulasi laba bisa juga digunakan untuk memanipulasi laba ditahan dalam menyajikan laporan keuangannya, sehingga penyajian informasinya bisa menyesatkan investor ataupun kreditor. Bisa dicoba dengan mendelegasikan beberapa karyawan untuk melakukannya sesuai perannya masing-masing. Misalnya satu yang bertugas untuk mengawasi keluar masuknya uang, satu lagi untuk mengawasi pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain.

hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah fraud

Selain itu, sebagai pebisnis usahakan bahwa sistem rekrutmen di perusahaan Anda terbebas dari kolusi. Secara harfiah, kolusi merupakan bentuk kerjasama antara oknum inner dengan calon karyawan secara ilegal. Biasanya hubungan kekerabatan menjadi alasan yang dipakai dalam melakukan kecurangan ini. Tentu saja, jika diawali dengan kecurangan tidak menutup kemungkinan bahwa karyawan yang bersangkutan juga melakukannya dalam hal keuangan. Pencatatan arus kas di dalam sebuah bisnis adalah hal penting yang wajib dikelola dengan baik. Jika tidak, keuangan bisnis sangat rentan terkena kecurangan atau fraud.