Menu Close

Kajian Teori Gaya Kepemimpinan Yang Dapat Diterapkan Pada Organisasi Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor

Adapun yang dimaksud dengan pengikut yaitu orang-orang yang ada di bawah otoritas jabatan seorang pemimpin. Sikap percaya diri yang dimiliki seorang pemimpin perlu diaplikasikan dalam setiap tindakan guna mengambil keputusan tepat untuk setiap tindakan yang bernilai efektif. Jadi seorang pemimpin mesti tampil percaya diri saat memimpin dan mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi yang menjadi wadah kepemimpinan tersebut.

Sebagai anak kedua dari enam bersaudari, orang tua selalu meminta penulis untuk bisa menjadi contoh teladan bagi adik-adik. Mereka selalu memberi penulis tanggung jawab, seperti menjaga adik-adik ketika mereka berdua pergi ke tempat lain, menjaga rumah tetap bersih dan rapi, serta membantu adik-adik menyelesaikan pekerjaan rumah atau berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Cara bagaimana kedua orang tua penulis dalam memperlakukan penulis seperti seorang pemimpin tersebut menjadi salah satu faktor juga yang mempengaruhi bagaimana penulis lebih berperilaku transformasional dibandingkan transaksional. Sejak kecil penulis sudah menjadi terbiasa untuk membantu adik-adik dan kakak dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, memahami perasaan mereka, mendengarkan mereka, dan bahkan memotivasi mereka. Situasi seperti ini tentunya mengasah penulis untuk memiliki dan meningkatkan karakteristik-karakteristik kepemimpinan transformasional yang ada pada diri penulis. Cantor dan Bernay ternyata setuju bahwa keluarga memang pendukung terbaik bagi perbaikan dan kemajuan diri bagi seluruh anggota di dalam keluarga.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Namun, kekuasaan dan kekuatan di cengkraman diri akan menggoda untuk mempermainkan kekuasaan dan kekuatan sesuai nafsu dan ego diri. Padahal kekuasaan dan kekuatan itu ada karena titipan dari orang-orang yang percaya pada integritas pemimpin. Oleh karena itu, pemimpin tidak boleh lupa untuk menjalani kekuasaan dan kekuatan dengan panduan etika dan moralitas yang tinggi.

Integritas Seorang Pemimpin Adalah sikap atau sifat serta nilai-nilai yang memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin guna untuk membangun kepercayaan antar individu dalam organisasi. Untuk dapat memiliki integritas dalam kepemimpinan, seorang pemimpin harus menggabungkan seluruh aspek yang ada dalam dirinya menjadi satu kesatuan yang saling mendukung satu sama lainnya. Aspek-aspek tersebut adalah kognitif (ranah yang mencakup kegiatan mental/otak), afektif , dan psikomotoriknya (ranah yang berkaitan dengan keterampilan/skill atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu). Hal itulah yang akan mencerminkan dirinya secara holistik sebagai seorang pemimpin.

Arahan bisnis yang sudah ditetapkan tentunya harus dijalankan dengan baik, dan dalam prosesnya harus ada koordinasi dan komunikasi.Mengarahkan atau mengkoordinasikan berarti kita bertindak dan mengajak. Tindakan tersebut juga berarti kita mulai membangun bisnis, membangun tim bisnis dan membangun sistem dalam suatu bisnis. Hal ini juga berarti kita sedang mengerahkan segala kemampuannya untuk menarik orang-orang yang bisa dijadikan tim dalam bisnis agar tujuan bisnis bisa tercapai. Belanda juga punya cukup banyak alasan untuk menggambarkan sejarah kolonial yang berbeda dengan kenyataan.