Menu Close

Jokowi Sudah Tanda Tangan Merger, Holding Bumn Pangan Siap Ekspor Beras Ke Arab Saudi

JAKARTA – Dikenal sebagai negara maritim, Indonesia memiliki komoditas ekspor produk perikanan yang beragam. Faktanya, Indonesia mampu mengekspor berbagai jenis produk perikanan ke berbagai negara. Selama caturwulan pertama 2021 ekspor komoditas kelautan dan perikanan menunjukkan kinerja positif. Merujuk knowledge Badan Pusat Statistik , dibanding tahun lalu, peningkatan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan mencapai 4,15% selama Januari-April 2021 .

Ekspor Ikan

Sementara pemerintah, siap menggenjot ekspor ke Timur Tengah sekaligus berkompetisi dengan komoditas perikanan dari negara lain. Raenhat menjelaskan, ikan kembung sempat langka di awal 2021 lantaran cuaca di Indonesia yang tidak menentu. Kondisi ini membuat harga ikan konsumsi harian rumah tangga ini menjadi melambung hingga Rp40 ribu per kg. Namun memasuki akhir kuartal II 2021, harga ikan kembung berangsur kembali regular ke harga Rp 25 ribu per kg hingga Rp 30 ribu per kg.

Ke depan, kata menteri, akan didorong pengusaha-pengusaha yang mengangkut ikan di Samudera Hindia untuk bisa bongkar ikan di Bungus. Namun ia optimis keadaan akan kembali regular seiring mulai membaiknya situasi dunia, ditambah lagi bantuan rehabilitasi pelabuhan oleh Kementerian Kalautan dan Perikanan untuk peningkatan nilai ekspor. Di sisi lain, untuk mendukung geliat subsektor perikanan tangkap di Sumbar, Trenggono juga meminta jajarannya membangun ekosistem pelabuhan menjadi lebih hidup.

Disusul Tiongkok dengan USD246,69 juta atau 14,12% dari complete nilai ekspor dan Jepang sebesar USD190,70 juta atau 10,92 %. Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik. Selanjutnya, upaya mewujudkan industri yang maju dan berdaya saing dilakukan melalui empat program. Dijelaskannya, senada dengan Triwulan I Tahun 2021, sektor non migas hingga Bulan Juli 2021 masih didominasi oleh golongan barang mesin/peralatan listrik dengan peran sebesar 42,04 persen. Agus merincikan, bagi pelaku usaha harus mendaftarkan diri dulu untuk memperoleh ijin Unit Pengolahan Ikan yang didaftarkan ke Dinas Perikanan Provinsi. Dalam upaya mendukung peningkatan pengelolaan perikanan di Provinsi Kalimantan Tengah, SKIPM Palangka Raya proaktif koordinasi dengan pemerintah daerah maupun kalangan akademisi.

Arief mengatakan BUMN pangan nasional bakal ekspor beras sebanyak dua kontainer ke Arab Saudi. Adapun beras tersebut akan dikirim oleh PT Sang Hyang Seri ke perusahaan Arab Saudi yakni Al Batlah. JAKARTA – PT Rajawali Nusantara Indonesia atau RNI selaku induk Badan Usaha Milik Negara Pangan menyebut pembentukan klaster pangan sudah hampir rampung.

Menurutnya, penangkapan ikan tuna dengan cara memancing sudah tepat karena fokus pada komoditas tertentu. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta aktivitas usaha di Pelabuhan Perikanan Samudara Bungus, Sumatera Barat diperkuat. Hal itu dilakukan untuk mendorong potensi salah satu komoditas unggulan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 572 yaitu ikan tuna. Eksportir perlu memperoleh izin registrasi ekspor dari lembaga semacam itu, untuk mencantumkan asal-usul ikan yang akan diperdagangkan, jumlah, jenis, dan ukurannya. Namun, perdagangan internasional menerapkan tata kelola baru untuk menjaga sumber daya alam ini tetap lestari. Maka, pengapalan langsung dari Ternate adalah terobosan penting yang perlu dicatat.

Indonesia menjadi salah satu dari tiga negara Asia Tenggara yang mengisi peringkat 10 besar eksportir komoditas ikan di dunia. Melalui surat resmi ini, KLHK diharapkan mampu meyakinkan dan dapat memberikan jaminan bahwa Arwana Super Red yang di ekspor ke China adalah satwa hasil penangkaran generasi kedua dan generasi seterusnya, bukan satwa liar yang ditangkap dari alam. “Tingginya permintaan pasar masih belum dapat dipenuhi oleh kami pembudidaya di Teluk Ambon, sehingga space pengembangan masih terbuka sangat luas, apalagi ikan bubara juga memiliki harga jual yang cukup bagus,” jelas Mansir.

Produksi 23 juta ton ikan secara nasional per tahun berasal dari berbagai daerah. Biaya logistik akan terpangkas jauh bila lebih banyak pelabuhan bisa menjadi pintu gerbang ekspor. Bukan hanya untuk ikan, juga untuk produk lain, terutama dari usaha kecil dan mikro. Penguatan jajaran bea-cukai, karantina, dan fasilitas lain pendukung ekspor bahan pangan memang membuka peluang baru.

Dalam kerja sama tersebut, Pemprov Riau mengandalkan produksi ikan patin segar dari Desa Wisata Koto Mesjid, Kampar, Riau, yang juga dikenal dengan Kampung Patin. “Padahal investor dari luar negeri minta 30 ton ikan patin per hari,” katanya saat mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno di Kampar, Minggu, 12 September 2021. Menurut Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP Agung Tri Prasetyo, paparan COVID-19 terdapat di kemasan luar, bukan di dalam. Namun, tetap saja mereka memutuskan menghentikan sementara pelayanan sertifikat kesehatan dengan menerbitkan inside suspend terhadap PT PI. KKP juga sedang melakukan investigasi.