Menu Close

Eksportir Arang Bakau Bantah Melanggar Aturan Ekspor Ke Singapura

Temuannya ini dirilis dalamJurnal Penelitian Hasil Hutan Volume 38 Nomor 1 Tahun 2020. Secara umum, perdagangan kelapa dunia pada 2020 akan turun tetapi tidak besar dan tidak untuk seluruh produk. “Dengan ekspor ini, PPI turut berperan aktif membantu para perajin/petani arang sebagai penyedia bahan baku untuk mendapatkan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan, khususnya UMKM,” imbuhnya. ASIATODAY.ID, JAKARTA – Aktivitas ekspor Indonesia di pasar global terus menggeliat di masa pandemi Covid-19.

Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kelapa di dunia. Dari total nilai ekspor kelapa dunia pada 2019 yang mencapai US$11,6 miliar, Indonesia menguasai US$2,17 miliar. Namun nilai tersebut tergolong kecil bila dibandingkan potensi yang belum dikelola dengan maksimal. Dari total nilai ekspor kelapa dunia pada 2019 yang mencapai USD11,6 miliar, Indonesia menguasai USD2,17 miliar. “Selain Turki, Kaya Sinerji saat ini sudah menerima permintaan produk briket arang kelapa untuk dikirim ke Bosnia, Albania, Rusia, Prancis dan Amerika Serikat,” ujar Tufan Algivari. Arang BriketArang briket umumnya terbuat dari campuran arang kayu, arang batok kelapa, arang serbuk gergaji, arang sekam dan jenis arang lainnya.

Berkat upaya dan komitmen tim kami, kami sekarang berada di antara pabrik arang kelapa terbesar dan paling dihargai di Indonesia dan dunia. Kami berkomitmen pada standar kualitas produk dan layanan yang tinggi untuk memastikan pelanggan dan pelanggan mereka puas setiap saat dan yang terbaik yang kami bisa. Pertumbuhan lebih lanjut diharapkan untuk perusahaan ini dan tujuan kami adalah menjadi pabrik arang kelapa terbesar dan paling dapat diandalkan di dunia.

Sebagimana diketahui, Turki sebagai emerging market dengan GDP terbesar ke-17 di dunia tidak memiliki sumber kelapa. Menurut data Kementerian Perdagangan tahun 2019, nilai ekspor arang kayu Indonesia Kuwait sejak 2015 mencapai USD 2.8juta per tahun dan termasuk 10 besar komoditas ekspor non-migas unggulan di Kuwait. Terkait ekspansi ini, dilatari potensi karena Turki yang merupakan emerging market dengan GDP terbesar ke-17 di dunia tidak memiliki sumber kelapa.

Kedua komoditas tersebut bahkan termasuk dalam 20 kontributor utama ekspor Indonesia sepanjang tahun 2021. Ekspor dari komoditi pada HS 44 mencapai USD2,fifty five miliar berada pada peringkat 12 dengan share sebesar 2,12% terhadap complete ekspor dan HS ninety four mencapai USD1,63 miliar berada pada peringkat 19 dengan share sebesar 1,36% terhadap total ekspor. “Negara kita ini kan penghasil kelapa dan limbahnya banyak dari kulit kelapa.

Ekspor arang

Selain itu, pengiriman produk briket arang kelapa untuk ekspor dengan tujuan ke beberapa negara juga mengalami kendala selama beberapa bulan terakhir. “Jadi kalau tidak intervensi hingga 2032, semua arang kelapa akan diekspor,” kata Yogi di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (30/7). Akibatnya, dia menambahkan, industri briket arang tempurung kelapa dapat semakin mahal di dalam negeri. Menurut information Kementerian Perdagangan tahun 2019, nilai ekspor arang kayu Indonesia Kuwait sejak 2015 mencapai USD 2.8juta per tahun. Sebagaimana information BPS yang diolah Ditjen Perkebunan tahun 2019 bahwa ekspor arang kelapa Indonesia termasuk di dalamnya coconut charcoal sebesar 188,05 ribu ton dengan nilai ekspor mencapai US$145,09 juta.

Kalau Indonesia bisa melakukan ini maka nilai tambah yang didapat petani besar sekali. Abimanyu kuatir nanti Indonesia akan mengimpor keripik kelapa Thailand dan permen kelapa China. “Sejak dibina KMM dan LPDB-KUMKM, ekspor briket yang tadinya hanya 6 kontainer menjadi 19 kontainer perbulan,” ungkap Dewi. Teten mengungkapkan, pihaknya memiliki goal untuk mengurangi jumlah usaha mikro yang mayoritas lahir karena tidak terserap lapangan kerja. Apabila barang ekspor terkena pajak ekspor maka pajak ekspor harus dilunasi sebelum dimasukkan ke sarana pengangkut. HPE ini berpedoman pada harga rata-rata internasional dan atau harga harga rata-rata FOB di beberapa pelabuhan di Indonesia.

Biasanya arang ini bisa ditemui di supermarket atau alat kebutuhan rumah tangga. Arang batu bara juga tak menimbulkan asap berlebih jadi pesta bbq bisa berjalan dengan nyaman. Biasanya arang jenis ini digunakan untuk alat panggang modern yang punya space pembakaran khusus. Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tri Tharyat mengungkapkan, Indonesia mempunyai peluang untuk meningkatkan ekspor arang ke Kuwait.

“Daripada nganggur, apalagi sekarang kan pandemi, ibu-ibu di sekitar saya kasih kerjaan untuk packing. Berkat LPEI kini saya mau buka cabang pembakaran batok sendiri di NTT,” ujar Istikanah.

Kang Jimat pun bersyukur bahwa kini Kabupaten Subang telah menjadi sentra arang Jawa Barat dan akan terus dikembangkan untuk menjadi sentra arang di Indonesia. Kang Jimat menjelaskan pula bahwa terkait regulasi ekspor arang, Kabupaten Subang saat ini merupakan satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki izin tersebut. “Alhamdulillah baru di Subang yang memiliki dan memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ekspor arang di Jawa Barat” tutur Kang Jimat.