Menu Close

Didominasi Kaum Pria, Kepemimpinan Perempuan Masih Dianggap Lebih Baik

Sehingga jangan sampai terjadi kegamangan dalam memilih tipe pemimpin-pemimpin yang tepat untuk negeri yang tercinta, terutama di Aceh sebagai Negeri Syariat Islam. Pemilihan umum secaca serentak telah kita laksanakan dengan penuh harapan melahirkan pemimpin yang berkualitas walaupun Upaya penataan dan mengatasi krisis pemimpin belum berjalan secara optimal karena kita masih juga mengalami krisis multimensional dalam kepemimpinan. Relatif terhadap isu gender, Bass menulis bahwa perempuan cenderung untuk lebih transformasional dibanding laki-laki. Berdasarkan pada penelitian, pemimpin perempuan memberikan efektivitas dan kepuasan lebih jika dibandingkan dengan laki-laki menurut para bawahan. Sementara tidak hanya sekali saja Rasulullah noticed memberi peringatan kepada para pemimpin untuk berbuat jujur, tidak menipu dan tidak merugikan orang lain.

Dalam hal apapun yang mereka hadapi, ada banyak cara untuk memotivasi diri sendiri, antara lain dengan banyak membaca buku atau artikel-artikel positif, “selftalk”, tetap fokus pada impian-impian, evaluasi diri dan sebagainya. Jika terdapat ketimpangan, khususnya aspek legitimasi, maka segala bentuk perlawanan yang bersifat subversif dan berangkat dari ketidakadilan akan bermuara pada penolakan keras yang mengakibatkan keadaan kepemimpinan menjadi tidak kondusif. Beetham menyarankan bahwa kekuasaan yang diperoleh dari legitimasi harus memenuhi tiga kondisi. Saling Menghargai dan Toleransi; Point ini masih ada sangkut pautnya dengan “berlapang dada”. Seorang pemimpin yang baik harus mampu legowo, karena tidak mungkin dalam suatu forum yang dipimpinnya semua orang sependapat dengannya. Mengasah Diri; Mengasah diri disini dimaksudkan adalah untuk aktif dalam melakukan banyak hal, sehingga diusia muda anak sudah terpapar dengan berbagai pengalaman.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Selain tanggung jawab seorang pemimpin juga harus memiliki etika dalam memimpin. Siapapun pasti tidak ingin disebut sebagai pemimpin yang tidak beretika. Visi kepemimpinan nasional menduduki porsi yang sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan suatu negara. Visi merupakan suatu pernyataan yang berisi arahan yang jelas tentang apa yang harus diperbuat organisasi atau negara di masa yang akan datang. Karena itulah, jika ingin menjadi seorang pemimpin, maka harus menjadi pemimpin yang visioner dan berkarakter. Afnan Hadikusumo, yang merupakan anggota DPD RI Perwakilan Provinsi DIY, selaku pembicara dalam acara Masa Ta’aruf Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Selasa (2/9).

Ketahanan nasional adalah upaya untuk mendayagunakan seluruh potensi dan aset bangsa guna mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan. [newline]“Apabila ketahanan nasional diwujudkan melalui sumbangan masing-masing perseorangan, kita dapat segera memulihkan kondisi dari ancaman pandemi COVID-19,” ujar Agus. Organisasi dari setiap ukuran sekarang bergulat dengan kompleksitas yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh VUCA yang sangat intensif, tekanan persaingan yang meningkat, dan harapan karyawan yang meningkat. Tuntutan yang diberikan kepada para pemimpin saat ini untuk menjadi agen perubahan yang berpengaruh belum pernah terjadi sebelumnya. Konsep pendisiplinan yang selama ini dilakukan banyak orang, adalah anak-anak perlu dihukum dan dimotivasi, seperti penggunaan sistem trip. Hal itu mungkin lebih cepat membuahkan hasil, tetapi kenyataannya masalah yang jauh lebih buruk bisa terjadi. Dengan uanglah kamu bisa menentukan apa yang bisa anda lakukan serta kemana anda pergi.

Kepemimpinan dalam otoritas legal-rasional ini dihasilkan dari proses pemilihan umum, baik untuk pemilihan presiden, gubernur, maupun bupati dan walikota. Para pemimpin formal ini belum tentu seorang yang mempunyai karisma, namun pemimpin yang lahir dari proses elektoral sesuai konstitusi. Karena itu seringkali kita mendapatkan bahwa pemimpin formal yang lahir dari proses elektoral tidak karismatik dan tidak mempunyai kapasitas memadai sebagai pemimpin. Walaupun sudah menjadi seorang pemimpin, tetap saja Anda tidak bisa untuk bekerja sendiri.

Pemimpin yang baik akan menyadari perkernbangan ini dan akan giat berusaha untuk membantu kelompok mencapai kedewasaannya. Pimpinan yang tidak menyadari proses pertumbuhan ini atau menolak untuk menyerahkan kekuasaan, wewenang, pengawasan dan berusaha untuk memperta­hankan kelompoknya dalam keadaan tidak dewasa yang menyandar­kan diri pada pelindung. Pemimpin yang tidak mudah memberikan kekuasaan kepada kelompoknya, akan sangat mengganggu perturn­buhan, dan tidak sanggup memberikan bantuan yang diperlukan.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, organisasi, perusahaan sampai dengan pemerintahan sering kita dengar sebutan pemimpin, kepemimpinan serta kekuasaan. Ketiga kata tersebut memang memiliki hubungan yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat didefinisikan, bahwa pemimpin adalah orang yang mendapat amanah serta memiliki sifat, sikap dan gaya yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Sedangkan kekuasan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apa yang diinginkan pihak lainnya sehingga sebuah plyning kerja bisa dilakukan.

Dari sini dapat dikatakan ada hubungan positif antara Iklim Kerja dengan kreativitas organisasi. Keputusan-koputusan yang diambil oleh berbagai eselon pemimpin dalam organisasi tentu mempunyai bobot yang berbeda-beda pule. Semakintinggi kedudukan seseorangdalam organisasi maka semakin besar keputusan yang diambilnya meskipun sering bobot dari keputusan tersebut bersifat umum dan kwalitatif.

Dengan memiliki potensi ini akan menjadikan dirinya secara holistik sebagai seorang pemimpin. Kepemimpinan yang bisa dikatakan luar biasa adalah di saat seseorang memilki pengaruh besar atau memilik kemampuan untuk menunjukkan sifat dasar dalam artian kewibawaan yang membuat banyak orang bersedia untuk mengikuti mereka. Negara hukum Pancasila di samping memiliki elemen-elemen yang sama dengan elemen negara hukum dalam rechtstaat mauapun rule of legislation. Pada sisi lain, negara hukum Pancasila memiliki elemen-elemen yang spesifik yang menjadikan negara hukum Indonesia berbeda dengan konsep negara hukum yang dikenal secara umum. Peran seorang pemimpin adalah untuk mencapai tujuan bersama dengan dan melalui orang lain.

Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan. Setelah mencapai puncak tertinggi dalam karier di bidang perhotelan, seorang GM akan mendapat berbagai fasilitas mewah, termasuk ruang kerja yang besar dan lengkap. Kali ini saya menyadur bacaan dari sebuah situs yang ditulis oleh Ahmad Rosyidi Syahid, seorang yang juga mengeloa internet studi pariwisata. Contoh yang menarik adalah waktu mantan Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende menjadi jengkel saat diskusi dengan Dewan Perwakilan Belanda pada tahun 2006. Namun, setelah Balkenende mengatakan demikian memang banyak orang politisi Belanda, media Belanda, dan rakyat Belanda yang mengkritik pernyataan Balkenende itu. Etnosentrisme dibutuhkan agar tercipta suatu rasa yang utuh saat mengenal hingga memiliki suatu kebudayaan.