Menu Close

Catat, Begini Caranya Temukan Calon Karyawan Potensial Untuk Perusahaan Halaman All

Demi keseimbangan waktu antara menjalankan bisnis dan melakukan pekerjaan kantor dengan baik, Anda perlu menunjuk seseorang untuk mengelola usaha tersebut. Jika Anda memutuskan untuk berdagang baju secara online, mintalah seseorang kepercayaan Anda baik kenalan, saudara atau orang lain untuk membantu Anda dalam hal pengemasan dan pengiriman barang pesanan pelanggan Anda. Jika Anda tetap memaksakan diri Anda, maka tidak menutup kemungkinan jika bisnis yang Anda jalankan tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar. Sering kali seseorang pegawai yang membangun bisnis sambil bekerja akhirnya pun mendapatkan keuntungan yang melebihi pendapatan mereka dari tempat bekerja, sangat menarik, bukan? Mungkin karena inilah banyak pegawai yang mulai memikirkan untuk mendirikan sebuah usaha di samping bekerja sebagai karyawan.

Cobalah memulai untuk membuat anggaran untuk mengasuransikan bisnis Anda dengan perusahaan asuransi yang tepat. Menjadi Inspirasi Perusahaan, perusahaan yang mengenal pelanggannya dengan baik dapat lebih mudah melihat dan menemukan hal-hal baru. Temuan ini befungsi untuk mendapatkan ide-ide baru yang fresh dalam membuat sebuah inovasi dari segi produk, pemasaran, pelayanan, dsb.

Pegawai dalam sebuah usaha

Namun dengan kata lain proses penentuan akan melibatkan partisipasi aktif dan kesadaran penuh dari manajer personalia, dengan keahliannya dalam bidang sumber daya manusia. Fungsi manajemen personalia yang pertama adalah melakukan sebuah perencanaan. Yang dimaksud dalam perencanaan berarti penentuan program personalia yang akan membantu tercapainya sasaran yang telah disusun untuk perusahaan itu. Semua fungsi manajemen saling terkait dan mempengaruhi satu dengan yang lain.

Semakin besar bisnis Anda, maka semakin banyak tugas yang harus Anda selesaikan. Jika dulu saat merintis usaha Anda masih melayani 10 buyer sehari, ketika bisnis Anda membesar, bisa jadi Anda harus melayani 20 buyer sehari atau lebih. Adi memaparkan bahwa untuk mencetak talenta harus memformulasikan strategi talenta terlebih dulu. Setelah itu, mengindentifikasi posisi kunci termasuk cara mendapatkan talenta yang dibutuhkan perusahaan.

Salah satu software HR yang bisa digunakan adalah gtHR buatan Gamatechno yang di dalamnya telah tersedia berbagai opsi berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Untuk mengatasi kesulitan dalam hal pemeliharaan dan pengelolaan ini, perusahaan bisa melakukan penanaman budaya khas perusahaan yang terkait peningkatan produktivitas. Selain budaya, HR juga bisa melakukan renumerasi serta pemberian intensif secara berkeadilan.

Hal ini akan memperlambat kemampuan karyawan baru tersebut dalam mempelajari pekerjaan utamanya. Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja di lembaga pemerintahan dengan status PNS, pejabat negara, anggota TNI/Polri, serta pegawai non-PNS dikenai iuran sebesar 5% dari gaji per bulan (3% dibayar pemerintah dan 2% dibayar peserta). Selain gaji pokok dan THR, karyawan yang bekerja di perusahaan/instansi ternyata juga berhak mendapat tunjangan tambahan, lho. Tunjangan ini bisa berupa bonus, uang makan dan transportasi, tunjangan pensiun, tunjangan keluarga, sampai tunjangan kesehatan. Saat FWS, ruang komunikasi casual ini harus diciptakan agar pegawai dapat membahas hal-hal di luar pekerjaan, tanpa tercampur dengan ruang pembahasan pekerjaan. Mengingat sepertiga waktu pegawai dalam satu hari kita digunakan untuk bekerja, tentu kebutuhan bersosialisasi harus dapat terjaga.

Program pelatihan danpengembangan jenis ini dapat disesuaikan dengan minat dan ambisi masing-masing individu karyawan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan keyerlibatan mereka di tempat kerja. Para manajer yang merasa diberdayakan di tempat kerja akan lebih efektif dalam memengaruhi karyawan dan mendapatkan kepercayaan mereka. Karyawan juga akan merasakan otonominya, nilai-nilai yang dia yakini, dan kepercayaan diri yang lebih besar dalam melakukan pekerjaan mereka. Peningkatan produktivitas juga terjadi ketika karyawan menjadi semakin ahli dalam pekerjaannya. Mereka dapat mengembangkan cara atau metode baru yang membuat mereka mampu menyelesaikan pekerjaan yang sama atau berulang dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan memiliki manajemen SDM yang terorganisir, upaya perusahaan dalam mencapai target organisasi akan menjadi lebih mudah untuk bisa dicapai. Definisi Mutiara S. Panggabean mengenai manajemen SDM tersebut mengindikasikan bahwa kegiatan di bidang SDM memiliki dua sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sisi pekerjaan dan sisi para pekerjanya. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa manajemen SDM meliputi serangkaian proses mulai dari analisa dan evaluasi pekerjaan hingga segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan SDM seperti penilaian prestasi pekerja serta pemutusan hubungan kerja. Dan, menurut Heidjrachman dan Husnan yang mengemukakan bahwa sesudah pegawai diperoleh, sudah selayaknya kalau mereka dikembangkan.

Untuk diketahui terdapat dua macam tujuan dari manajemen personalia yaitu sebagai Production Minded atau efisiensi dan daya guna serta segabai People Minded atau kerja sama. Jika seorang manajer telah memiliki rencana serta telah memiliki suatu organisasi guna melaksanakan rencana yang telah di susun tersebut maka fungsi selanjutnya yaitu dengan mengadakan pegarahan terhadap pekerjaan. Proses ini sekaligus menentukan tanggal mulai bekerja, karena biasanya kandidat meminta waktu untuk menjalankan proses pengunduran diri dari perusahaan sebelumnya.