Menu Close

6 Tips Menjadi Kakak Kelas Idaman Di Sekolah!

Orang tua perlu membicarakan segala topik secara terbuka tetapi arif. Menciptakan rasa aman dan telindung untuk memberanikan anak dalam menerima uluran tangan orang tua secara terbuka dan membicarakan masalahnya. Menjadi kewajiban bagi orang tua untuk melihat dan mengawasi sikap dan perilaku remaja agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang membawanya ke dalam kenakalan remaja dan tindakan yang merugikan diri sendiri. Namun demikian hendaknya dilakukan dengan bersahabat dan lemah lembut.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Izin menanggapi, Saya juga sependapat dengan jawaban mba salma bahwa menghilangkan pikiran negatif dapat meningkatkan keyakinan atau kepercayaan diri kita. Saya setuju dengan mbak Vika bahwa blended learning dapat mengubah sedikit demi sedikit dari trainer centred studying menjadi scholar centred learning yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan partisipasi siswa terutama dalam rangka Kurikulum 2013. Saya sependapat dengan saudara Bilal bahwa adaptasi, analisis, first impression, evaluasi, dan introspeksi penting untuk guru baru dan lebih baik lagi jika dilaksanakan di tahun-tahun setelahnya untuk mengetahui peserta didik di angkatan selanjutnya sebagai wujud ‘guru belajar sepanjang hayat’. Menjadi kakak kelas cowok idaman para junior tentunya sungguh menyenangkan ya Quipperian. Kamu dikenal junior dan dapat dengan mudah menaklukkan hati junior-junior yang cantik-cantik. Dalam kasus ini, tahan emosi Anda untuk membentak anak karena ketidakberaniannya.

Pembinaan kompetensi sosialguru yang dilakukan di SMA Negeri 1 Rengat, SMA Negeri 1 Pasir Penyu, SMA Negeri 1 Sungai Lala, merupakan pembinaan yang penting karena guru ditempatkan pada posisi tertinggi dan termulia dalam berbagai tingkat pekerjaan masyarakat. Guru mengemban dua misi sekaligus, yaitu tugas keagamaan dan tugas social politik. Tugas keagamaan adalah tugas guru ketika ia melakukan ke- baikan dengan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Sedangkan yang dimaksud dengan tugas sosialpolitik adalah bahwa guru membangun, memimpin dan menjadi teladan yang menegakkan ke- teraturan, kerukunan dan menjamin keberlangsungan masyarakat. Pembinaan pengetahuan perlu dilakukan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki secara terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam berbagai kasus yang menyangkut kualitas sumber daya manusia selaku tenaga pendidik yang harus dilakukan adalah mengefektifkan dan mengefisiensikan kegiatan pembinaan secara merata dan adil terhadap semua tenaga pendidik, baik mereka yang berstatus Pegawai Negeri Sipil maupun yang bukan PNS.

Beliau merupakan salah satu Pahlawan Nasional di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Bapak Pendidikan Nasional. Semboyan Sang Guru yang sangat poluler di kalangan masyarakat adalah Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Semboyan ini memiliki arti bahwa setiap diri kita harus memiliki ketiga sifat tersebut agar dapat menjadi insan yang berkarakter. Untuk mengenang jasa beliau, maka Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada setiap tanggal 2 Mei tidak bisa dipisahkan dari sosok seorang Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia.

Untuk mendapatkan sumber daya yang memiliki integritas tinggi dengan segala kemampuannya, maka perlu diciptakan upaya-upaya strategis dalam pembinaan kompetensi sumber daya guru sebagai tenaga pendidik yang tepat untuk menciptakancompetitive intelegencebagi generasi muda dalam memenangkan kompetisi international. Oleh karena itu ke-pemilikan sumber daya manusia yang unggul dalam dunia pendidikan merupakan syarat yang harus dipenuhi pada setiap lembaga pendidikan, dalam memainkan perannya sebagai sumber lahirnya kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetetitif. Seorang guru yang hebat tentunya harus memiliki keunggulan tertentu, baik dalam mengajar maupun hubungan dengan peserta didik, dan anggota komunitas sekolah serta pihak lain seperti dengan orang tua dan komite. Lebih jauh lagi, guru juga harus memperhatikan penampilannya baik secara fisik, intelektual, relasi sosial, kepribadian dan kerohanian sehingga dapat menjadi motivator bagi anak didiknya. Apabila saya di posisi guru tersebut saya juga akan merasakan panik dan grogi, tetapi hal tersebut masih wajar karena mengajar dan menjadi wali kelas untuk pertama kalinya memang cukup menguji mental.

Kerahasiaan information individu yang dibimbing dijaga dan digunakan semata-mata untuk refleksi. Penilaian manfaat pembimbingan pun dilakukan oleh individu yang dibimbing. Evaluasi lebih merupakan suatu kunjungan yang diaturoleh suatu kebijakan, berorientasi pada penilaian kinerja, dan ditujukan untuk pengisian data yang akan diproses untuk penilaian guru.

Hal ini penting agar guru dapat bekerja sama dengan orang tua untuk memantau kekonsistenan perkembangan karakter peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. Bisa terjadi suatu situasi di mana seorang peserta didik berkarakter baik di sekolah tetapi ketika siswa berada di rumah hal sebaliknyalah yang terjadi. Seorang siswa bisa menjadi anak yang sangat patuh terhadap guru di sekolah, tetapi menjadi anak yang sangat memberontak terhadap orang tua di rumah. Guru berlabel mulia adalah sosok yang rela menyisihkan waktu demi kepentingan anak didiknya, menasihati anak didiknya dan ini adalah gambaran figur guru dengan kemuliaannya. Guru yang diharapkan di period sekarang ini adalah guru yang benar-benar guru. Maksudnya, guru yang jujur dan ikhlas dalam memberikan ilmu kepada peserta didiknya.

Sehingga terbentuk generasi yang memiliki tingkat kecerdasan rasio yang tinggi. Dalam setiap penyampain materi-materi ilmu pengetahuan perlu dihiasi dengan nilai-nilai akhlak. Dengan seorang widyaiswara / guru yang menjadi teladan bagi peserta didiknya dan perhatian seorang widyaiswara / guru dalam mendidik ahklak peserta didiknya maka generasi yang terbentuk yaitu selain menguasai bidang-bidang tertentu dalam ilmu pengetahuan, memiliki nilai-nilai akhlak pula. Biasanya, hukuman yang diterapkan bagi pelanggaran ini adalah dijemur di halaman sekolah. Sebagai ganti, konsekuensinya adalah membuat kliping mengenai suatu topik, mengerjakan latihan soal, merangkum buku yang dibaca di perpustakaan, dan sebagainya. Pembimbingan merupakan proses yang berkelanjutan yang berupaya membangun kepercayaan diri guru.