Menu Close

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Calon Pebisnis Kuliner

Mulailah merinci hal-hal yang paling mendasar, seperti biaya sewa, bahan baku, peralatan, furnitur, dan hingga menentukan harga jual. Dalam rencana bisnis ini kamu dapat memperkirakan berapa keuntungan yang didapat dan berapa lama perkiraan balik modal usahamu. Penyebab bisnis restoran bangkrut yang pertama adalah tidak melakukan survei pasar. Idealnya, setiap pengusaha yang ingin membuka suatu bisnis harus melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Menurut hasil riset Nielsen Singapura, eighty four persen masyarakat telah menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan antar makanan. Dengan melakukan kerjasama dengan Go-Jek atau Grab, beberapa keuntungan pun akan bisa kamu dapatkan, karena sistem pemesanan makanan yang ditawarkan keduanya sangat baik. Hanya dengan bermodal kecil saja kamu sudah bisa menjalankan bisnis kuliner itu.

Bukan itu saja, Anda diharapkan bisa memiliki terobosan yang membuat usaha kuliner Anda lain daripada yang lain. Ciri khas Restoran Garuda adalah memadukan dua suku dalam makanan, yakni cita rasa Minang Melayu. “Karena Papa asli dari Padang, sedangkan Melayu-nya karena usaha ini didirikan di Medan yang dikenal sebagai tanah Melayu,” jelas Desy. Di samping itu, Restoran Garuda selalu mengutamakan kualitas mulai dari bahan bakunya, sehingga rasa masakannya tidak berubah sejak dahulu. Keluarga selalu menjaga resep turun temurun dan mampu mempertahankan mutu di seluruh cabang. Hal inilah yang diyakini ibu dari tiga orang anak ini sebagai kunci kesuksesan Restoran Garuda.

belajar untuk menjalankan usaha restoran

Untuk menarik pelanggannibblers mengunjungi situs restoran, buatlah akun sosial media, tempat di mana calon pelanggan bisa menemukan keberadaan restoran. Saat harga bahan makanan melambung tinggi,nibblers bisa mengganti bahan makanan tersebut dengan bahan yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan dari lokasi. Ghost restaurant tidak memiliki bangunan berbentuk restoran, sehingga nibblersbiasanya tidak dapat mengambil makanan pesanan sendiri. Pesanan biasanya akan langsung diantar oleh pihak restoran atau menggunakan jasa pengantaran pihak ketiga. Meskipun restoran tak bisa berfungsi secara regular, namun permintaan makanan tidak berkurang.

Sebagian besar pengusaha restoran yang beranggapan mengelola bisnis ini lebih mudah dibandingkan bisnis-bisnis lain, ternyata malah gulung tikar. Meskipun makanan merupakan kebutuhan sehari-hari namun pengusaha restoran tidak bisa mengesampingkan kualitas, ciri khas dan pelayanan. Menurut Chef Arnold, lucunya, niat utama berkenalan dengan Kaesang bukanlah ingin membuka usaha kuliner bersama. Melainkan, Presiden Joko Widodo meminta Kaesang untuk belajar mengelola bisnis dengan Arnold.

Truk makanan membutuhkan lebih sedikit modal awal disbanding membuka restoran atau rumah makan. Tidak perlu membayar sewa atau listrik, hingga tidak perlu memiliki bar minuman keras yang terisi penuh atau menyewa banyak juru masak dan pelayan. Sobat Bizlab, pilihlah rekan bisnis yang suportif supaya bisnis kamu dapat berjalan dengan maksimal. Salah memilih rekan bisnis bisa membuat usaha kamu berjalan tidak lancar.